Saturday, June 7, 2014

siklus

Siklus Air Kecil/Pendek
Proses siklus air kecil dapat dijelaskan kerena terjadi pemanasan oleh sinar matahari, air di laut/lautan menguap, membumbung di udara. Di udara uap air mengalami proses kondensasi (pengembunan). Uap air berubah menjadi butir-butir air terkumpul menjadi awan atau mendung dan akhirnya jatuh ke permukaan laut/lautan sebagai hujan.
Siklus Air Sedang/Menengah
Uap air yang berasal dari laut/lautan ditiup angin bergerak sampai di atas daratan bergabung dengan uap air yang berasal dari sungai, danau, tumbuh-tumbuhan, dan benda-benda lainnya. Setelah mencapai ketinggian tertentu uap air berkondensasi membentuk butir-butir air terkumpul menjadi awan dan jatuh di atas daratan sebagai hujan. Air hujan yang jatuh di daratan mengalir kembali ke laut melalui sungai, permukaan tanah, dan melalui resapan di dalam tanah.
Siklus Air Besar/Panjang
Uap air yang berasal dari laut/lautan setelah sampai di atas daratan karena dibawa angin bergabung dengan uap air yang berasal dari danau, sungai, rawa, tumbuh-tumbuhan, dan benda-benda lainnya. Uap yang telah bergabung tersebut tidak saja berkondensasi bahkan membeku, membentuk awan yang terdiri dari kristal-kristal es. Kristal-kristal es turun ke daratan sebagai salju, salju mencair dan mengalir sebagai gletser kemudian kembali lagi ke laut.
1.      Jenis-jenisproessiklushidrologi :
a.         evaporasi : EvaporasiAdalah proses pertukaranmelaluimolekul air di atmosferatauperistiwaberubahnya air atauesmenjadiuap di udara.
b.         Kondensasi : perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan
c.         Transpirasi : adalahperistiwaperubahan air menjadiuap yang naikkeudaramelaluijaringanhiduptumbuh-tumbuhanyaitu yang biasamelalui stomata daun, lentisel, dancuticula
d.         Evapotranspirasi :adalah gabungan evaporasi dan transpirasi tumbuhan yang hidup di permukaan bumi.
e.         Adveksi : adalah penyebaran panas secara horizontal yang mengakibatkan perubahan fisik udara di sekitarnya yaitu udara menjadi panas.
f.          Presipitasi : Presipitasi adalah peristiwa jatuhnya air baik dalam berbentuk cair atau beku dari atmosfer ke permukaan bumi.
g.         Run off surface :  adalah suatu aliran yang mengalir di atas permukaan menuju sungai, danau, atau laut yang disebabkan curah hujan melebihi laju infiltrasi.
h.         Infiltrasi : dimaksudkan sebagai proses masuknya air kepermukaan tanah.
i.           Perkolasi : adalah proses mengalirnya air ke bawah secara gravitasi dari suatu lapisan tanah ke lapisan dibawahnya, sehingga mencapai permukaan air tanah pada lapisan jenuh air.
j.           Sublimasi :  adalahperubahanwujuddaripadatke gas tanpamencairterlebihdahulu. 
k.         Deposisi : adalah proses di mana gas berubahmenjadipadat (jugadikenalsebagaidesublimation)

No comments:

Post a Comment